APRILIANA WAHYU DEWI ANIFA

Sabtu, 27 Februari 2010

Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Indonesia

Kita harus belajar bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa kebangsaan, kedudukannya berada diatas bahasa-bahasa daerah. Mungkin saja untuk beberapa daerah di Pulau Jawa, kata yang digunakan dalam bahasa sehari-hari dimengerti orang banyak, namun belum tentu sama halnya dengan yang berada di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, atau Papua yang begitu jauh jaraknya dari Pulau Jawa. Dan begitupun sebaliknya.

Salah satu manfaat belajar bahasa Indonesia adalah untuk keperluan berkomunikasi secara resmi dalam acara-acara formal. Agar komunikasi efektif dan lancar maka kita perlu memperkaya kosakata. Dengan komunikasi yang efektif, kita akan dapat mengutarakan gagasan kita. Oleh karena itu belajar bahasa Indonesia sangatlah penting agar kosakata kita terus bertambah dan berkualitas. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa persatuan karena Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan bahasa maka bahasa Indonesia sangat diperlukan agar komunikasi yang dilakukan oleh orang-orang yang berbeda suku dapat lebih efektif.
Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa Negara pada 18 Agustus 1945. Sebagai bahasa Negara, bahasa Negara dipakai untuk kegiatan yang berhubungan dengan kenegaraan seperti pidato-pidato resmi, dokumen, dan surat-surat resmi harus ditulis dalam bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga digunakan dalam penulisan makalah, laporan penelitian, skripsi, tesis, dan disertasi. Jadi berbanggalah memiliki bahasa Indonesia!


Tidak ada komentar: